Jumat, 20 September 2019

JMGR: Terganggu Asap KARHUTLA, Tour De Siak Sebaiknya di Tunda

Tags

Gambar Pelaksanaan Kegiatan Tour De Siak 2019

Pekanbaru - Jumat (20/09/2019). Asap yang di timbulkan akibat Karhutla 2019 di Riau saat ini mengalami peningkatan sampai kepada level berbahaya yang di tunjukkan pada alat pemantau Konsentrasi PM 10. Yang merupakan dampak buruk dari Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA) seluas 49.266 Ha di Riau (data dari BNPB RIAU) dan 281.622 jiwa beresiko terpapar ISPA (Dinas Kesehatan Provinsi Riau), di Kabupaten Siak sudah tercatat 4.000-5.000 jiwa yang terpapar ISPA sepanjang 2019.

Even Tour De Siak yang di selengggarakan oleh Pemda Kabupaten Siak ini sebaiknya untuk sementara waktu di tunda, hingga kabut asap dapat teratasi, dengan pertimbangan sisi kesehatan terhadap para Rider sebagai peserta dan juga masyarakat yang menonton even tersebut, pastinya terpapar langsung asap Karhutla yang beresiko terjadinya ISPA.

Even Sport Tourism yang bertujuan untuk mempromosikan sektor Pariwisata Daerah ini kurang tepat jika dipaksa untuk dilakukan karena dengan terjadinya Karhutla dan berdampak pada kabut asap berkepanjangan akan memperburuk citra Daerah, karena para Rider yang ikut dalam perlombaan ini juga banyak yang berasal dari luar negeri.

Saat ini kabut asap yang memenuhi udara di Riau tidak hanya asap yang berasal dari Karhutla yang terjadi di Riau, namun di tambah dengan asap Karhutla yang juga terjadi di Jambi dan Sumatra Selatan, hal ini terpantau melalui aplikasi Windy.com yang menganalisa kecenderungan arah angin dari Jambi dan Sumatera Selatan mengarah ke Riau, fenomena ini yang berdampak semakin memperburuknya kualitas udara di Riau.


Peta Analisis Pergerakan Arah Angin Wilayah Sumatera (20-09-2019)

Terganggunya even balap sepeda Tour De siak yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Siak merupakan dampak dari terjadinya karhutla di Riau, Tidak kanya kerugian dari sisi kesehatan, perekonomian, akan tetapi juga merugikan dari sisi agenda-agenda pariwisata yang seharusnya itu menjadi even mengangkat nama baik daerah Siak sebagai penyelenggara, dan tentunya juga prestasi Provinsi Riau dalam menghelat even berkelas internasional.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon