Rabu, 07 November 2018

JMGR Taja Pelatihan Jurnalistik

PEKANBARU – Badan Pelaksana Pusat Jaringan Masyarakat Gambut Riau (BPP JMGR) melaksanakan pelatihan jurnalistik yang diperuntukkan bagi anggotanya dan beberapa lembaga yang diundang pada hari Selasa (6/11). Pelatihan dimulai pada pukul 10.00 WIB di Kantor JMGR di Jalan Mekarsari Gang Pandansari No. 06 Pekanbaru.

Pekanbaru, 7 November 2018. Pengetahuan tentang jurnalistik dianggap penting untuk dikuasai oleh setiap anggotanya. Karena itulah, JMGR yang bergerak di dunia lingkungan melakukan pelatihan ini. Pelatihan difokuskan pada penulisan berita untuk media.

’’JMGR sendiri akan selalu dihadapkan dengan persoalan-persoalan lingkungan yang perlu diinfomrmasikan kepada masyarakat luas. Maka, anggota JMGR juga dituntut untuk bisa membuat berita, terkhusus untuk rilis media,’’ ungkap Sekretaris Jendral JMGR, Isnadi.

Pelatihan ini, selain dari BPP JMGR, dihadiri juga oleh beberapa perwakilan dari lembaga mahasiswa seperti Mapala Laksamana Politeknik Negeri Bengkalis, Wanapalhi STMIK-AMIK Riau, dan Gerakan Mahasiswa Peduli Kabupaten Siak (GMPKS). Dalam pelatihan ini JMGR mengundang Kunni Masrohanti,  Wartawan Riau Pos sebagai pemateri.


Foto kegiatan pelatihan

Pelatihan sendiri dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama, pemaparan materi umum tentang jurnalistik yang diselingi dengan pertanyaan-pertanyaan dari para peserta. Lalu sesi kedua para peserta diberi tugas menulis narasi rilis tentang permasalahan lingkungan. Para peserta pun terlihat dengan serius mengikuti semua tahap pelatihan ini.

Taufiiqurrohman atau akrab disapa Baung selaku Kepala Departemen Riset dan Kampanye JMGR yang juga merupakan pelaksana kegiatan mengatakan, pelatihan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan dan memberikan pengetahuan tentang kaidah-kaidah penulisan laporan tentang isu lingkungan hidup yang baik dan benar kepada para peserta.

Tambahnya lagi, “Harapan kami, para peserta terkhususnya anggota JMGR bisa memahami tentang kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar, serta lebih aktif lagi dalam menulis berita media, khususnya saya sendiri selaku Kadep Riset dan Kampanye”.

Di akhir sesi kedua, para peserta mengumpulkan hasil tulisan mereka kepada pemateri dan dikoreksi bersama-sama. “Kegiatan ini sangat positif untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan anggota JMGR dalam menulis rilis dan berita media. Peserta pun terlihat sangat antusias dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan ini,” kata Kunni.(Baung)


EmoticonEmoticon